Kamis, 26 April 2012

memaksimalkan pengetahuan islam di era globalisasi

sumber gambar disini
Sadar atau tidak sekarang kita hidup dalam zaman globalisasi atau bisa disebut juga zaman digital? ketika semuanya serba digital. Televisi dengan teknologi digital, hp kita semua juga digital, dan internet yang tiap hari kita jelajahi juga merebakkan spirit digital. zaman yang membuat hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi. sebagai abad
pengetahuan, keterbukaan, dan kebebasan dan sebagai abad yang meminta segala proses kehidupan lebih cepat.

Hidup di zaman ini gampang-gampang susah, kalau kita tidak pandai-pandai mengatur hidup kita sedikit saja, maka kita bisa tersesat sejauh-jauhnya, hidup di zaman ini tanpa dilandasi keimanan dan keislaman yang teguh bisa-bisa kita kufur. Percaya atau tidak? Banyaknya kenikmatan-kenikmatan yang ditawarkan membuat kita sulit berfikir apakah itu baik atau buruk. Terkadang kenikmatan-kenikmatan ini melalaikan kita dari kewajiban sebagai hamba Allah.   

kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat ini, contohnya internet.  Apapun bisa dilakukan. Tidak ketinggalan ikhwan dan akhwat pun ikut berperan aktif dan tidak mau kalah.
Diantara jaringan social dan komunikasi di internet yang paling banyak digandrungi oleh pemuda pada umumnya, termasuk ikhwan dan akhwat adalah facebook dan twitter. Berbagai jenis photo kenangan, di rumah, sekolah, rekreasi, pernikahan, dan bahkan yang ‘pribadi’ pun dipasang di sana. Untuk apa???
Ya..iseng-iseng dong untuk nyari kenalan dan mengenalkan diri (demikianlah kira jawabannya). padahal ini bisa sangat berbahaya. photo-photo kita yang terpampang bebas di internet bisa saja dimanipulasi oleh orang yang bertanggung jawab.


Tentu saja boleh ikhwan atau akhwat memiliki account facebook atau twitter. Tunjukan kepada dunia bahwa pemuda muslim/muslima itu tidak selamanya jadul. Tidak hanya pandai mengaji, pemuda muslim juga dapat berperan aktif. Tapi hendaknya bisa menjaga perilaku, beretikalah selayaknya pemuda islam yang soleh dan soleha yang tetap memegang teguh ajaran-ajaran agama islam. Janganlah tekhnologi ini dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.



Kita sebagai muda islam dapat memanfaat kan teknologi ini sebaik-baiknya, bahka bisa juga kita berdakwah melalui jejaring social. Betapa banyak orang yang senang dikirimi nasehat agama yang dibaca di inbox, note atau melalui link mereka. Banyak yang sadar dan kembali kepada jalan kebenaran karena membaca nasehat-nasehat tersebut.
Oleh karena itu, jadilah pemuda muslim yang bermanfaat bagi orang lain apalagi dalam masalah agama, yang tentu saja dengan bekal ini akan mendatangkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.
Dari Jabir, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
                                      خيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ
Sebaik-baik manusia adalah yang paling memberikan manfaat bagi orang lain.” (Al Jaami’ Ash Shogir, no. 11608)

Dari Abu Mas’ud Al Anshori, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
Barangsiapa memberi petunjuk pada orang lain, maka dia mendapat ganjaran sebagaimana ganjaran orang yang melakukannya.” (HR. Muslim)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda,
لأَنْ يَهْدِىَ اللَّهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِدًا خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُونَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ
"Jika Allah memberikan hidayah kepada seseorang melalui perantaraanmu maka itu lebih baik bagimu daripada mendapatkan unta merah (harta yang paling berharga orang Arab saat itu)." (HR. Bukhari dan Muslim)

Bagaimana jika tulisan kita dalam note, status, atau link di facebook dibaca oleh 5, 10 bahkan ratusan orang, lalu mereka amalkan, betapa banyak pahala yang kita peroleh. Jadi, facebook atau twitter jika dimanfaatkan untuk dakwah semacam ini, sungguh sangat bermanfaat.

tidak hanya untuk sarana dakwah saja, internet juga akan memiliki manfaat yang banyak apabila kita mengggunakannya dengan bijak. kita bisa menambah wawasan ilmu agama kita di tekhnologi ini. puluhan, ratusan atau bahkan ribuan artikel tentang agama tersedia internet. berbagai file dan video islam tersaji lengkap disini, kita tinggal membukanya atau mendownloadnya. dengan begitu pengetahuan agama kita juga akan bertambah.

NB: jadilah pemuda muslim yang  bijak, yang bisa memanfaatka sesuatu dengan sebaik-baiknya.

nailul luthfiyah

3 komentar:

  1. Baarakallahu fiik !!
    Dari Umar bin Khattab radiyallahu 'anhu; Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
    إنما الأعمال بالنيات، وإنما لكل امرئ ما نوى
    Sesungguhnya segala amalan itu tergantung niatnya, dan sesungguhnya setiap orang mendapatkan ganjaran sesuai dengan apa yang ia niatkan. [Sahih Bukhari dan Muslim]

    Semoga amalan sehari2 kita bernilai ibadah di sisi Allah subhanahu wata'ala ... Amiiiin !

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, ..tapi niat yang baik jangan dikotori dengan perbuatan yang buruk

      Hapus
  2. Sangat bermanfaat....banyak pelajaran dan hikmah yg bisa kami ambil. terimakasih bnyk yah

    BalasHapus